Sekilas Info

Kisah Babinsa Bantu Evakuasi Korban Banjir Sambil Gendong Kakek Lansia

Oleh
48b3ff6e-4e69-45dd-b085-810ce57acc87

Sebanyak 24 permukiman warga di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Sabtu (5/12/2020) Malam, di landa Banjir.

Petugas TNI, Polri bersama pemerintah kelurahan setempat  melakukan evakuasi warga yang terendam banjir ke tempat yang lebih aman.

Namun ada yang dramatis saat proses evakuasi korban. Salah seorang Kakek, terpaksa di gendong TNI Babinsa Koramil 07/Julok karena sudah lansia.

Danramil 07/Julok Lettu Inf Andry Haryono saat di konfirmasi membenarkan kejadian itu. "Ia benar, itu anggota Koramil 07/Julok Kopda Jarkasi, yang mengendong seorang kakek lansia, Kakek itu sudah tua, tidak sangup berjalan lagi untuk menerobos banjir, ujar Lettu Inf Andry Haryono saat dihubungi penerangan Korem 011/LW melalui sambungan telepon, Sabtu (5/12) Siang.

"Kedalam air di rumah Gampong Seureja sekitar,  1,5 meter. Oleh karena itu, Kopda Jarkasi menggendong sang kakek untuk mengarungi genangan air. Saat ini warga di evakuasi di Polindes setempat.

Selain itu, di Gampong Buket Seureja, TNI evakuasi warga Lansia Hajizah (80), dibantu Polri dan unsur Forkopimcam bersama masyarakat, Nenek Lansia yang terjebak banjir di rumahnya, sebut Lettu Inf Andry Haryono.

Danramil 07/Julok menjelaskan, bencana alam banjir terjadi dan melanda di Kecamatan Julok, akibat tingginya curah hujan dari hari Kamis malam kemarin dan derasnya debit air mengakibatkan tanggul irigasi rusak, sehingga air dari irigasi meluap ke pemukiman warga.

Akibat luapan itu, sekitar 24 Desa di Kecamatan Julok terendam banjir, yaitu meliputi Gampong Ladang Baro, Keumuneng, Seuneubok Baro, Teupin Raya, Blang Keumahang, Blang Gleum, Paya Pasi, Gampong Baro, Buket Panyang, Tanjong Tok Blang, Blang Jambee, Blang Mideun, Buket Seuraja, Ulee Ateung, Blang Pauh Sa, Blang Pauh Dua, Manerampak, Julok Tunong, Labuhan, Ulee Blang, Blang Uyok, Paya Bakong, Matang, dan Seumatang", kata Danramil.

Lettu Andry Haryono mengatakan, sebelumnya Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M. Tr (Han) memerintahkan Danramil jajaran Kodim 0104/Atim, siaga bersama personilnya membantu dan mengevakuasi warga di masing-masing wilayahnya.

Danramil 07/Julok, dengan sigap dan penuh rasa tanggung jawab terjun langsung ke lokasi banjir di Kecamatan Julok. Bersama anggotanya yang merupakan tanggunģ jawab wilayahnya dari hari Jum'at kemarin.

Sebagai tindakan preventif, pihaknya menghimbau warga agar segera mengungsi ke tempat yang aman agar tidak terjebak air, dan penyakit gatal nantinya" pungkas Danramil 07/Julok Lettu Inf Andry Haryono.

Komentar

Loading...