Sekilas Info

Dandim 0104/Atim Ikuti Apel Kesiapsiagaan Pencegahan Dan Penanggulangan Karhutla di Kota Langsa

Oleh
7af66df3-7f69-455c-9ffe-cc7f7e0f1594

Langsa - Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) ikuti Apel Kesiapsiagaan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam wilayah hukum Polres Langsa di Lapangan Merdeka, Kota Langsa, Senin (15-03-2021).

Turut hadir pada apel tersebut Kapolres Langsa, Agung Kanigoro Nusantoro, SH, S.IK, MH, Kajari Langsa Viva Hari Rustaman, SH, Ketua PN Langsa, Dr. Silvianingsih, SH, MH, serta para pimpinan OPD di lingkungan Pemko Langsa.

Peserta apel terdiri dari Anggota TNI, Polri, BPBD Kota Langsa, Polisi Kehutanan dan Anggota Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Aramiah.

Dalam pelaksanaan apel tersebut Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, SE membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Apel.

Wali Kota Langsa mengatakan, pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel dan perlengkapan dalam rangka penanganan Karhutla di wilayah hukum Polres Langsa, sesuai dengan hasil Rapat Koordinasi Nasional/Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Tahun 2021 yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin, 22 Februari 2021 lalu.

Lanjutnya, pada Rakornas tersebut, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada jajarannya termasuk juga kepada para kepala daerah serta pimpinan satuan TNI-Polri di daerah untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Setidaknya ada enam hal yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo terkait upaya pengendalian Karhutla.

Sementara itu, Kapolres Langsa, Agung Kanigoro, SH, S.IK, MH mengatakan, unsur Forkopimda Kota Langsa dan para Pimpinan OPD dalam wilayah Pemko Langsa, mendukung penuh pelaksanaan apel pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Oleh karena itu, pada pagi hari ini kami mengecek kesiapsiagaan personel dan peralatan dalam rangka mencegah dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini,” imbuh Kapolres Langsa.

Sedangkan Dandim 0104/Atim disela-sela kegiatan tersebut juga mengatakan, sebagai upaya pencegahan diprioritaskan dengan infrastruktur pemantauan serta pengawasan dapat diakses sampai tingkat bawah, dengan upaya mencari solusi yang permanen untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan ini untuk tahun-tahun mendatang,” ujar Dandim.

Dikatakan juga, TNI dan Polri yang berada di wilayah Desa yaitu Geuchik, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta Keplor agar berperan aktif dalam upaya pencegahan kebakaran hutan. Melalui upaya pemberian edukasi yang terus menerus kepada masyarakat, terutama di daerah dengan kecenderungan peningkatan hotspot.

“Ini merupakan kerangka konseptual dari berbagai elemen yang dianggap dapat mengurangi kerentanan dan risiko bencana dalam suatu komunitas, untuk mencegah (preventif) dan mengurangi (mitigasi) dampak yang tidak diinginkan dari ancaman, dalam konteks yang luas dari pembangunan berkelanjutan di Kota Langsa,” pungkas Dandim.

Komentar

Loading...